Rahasia Dibalik Kelezatan Tahu Petis, Oleh-Oleh Khas Semarang

29 March 2024
tahu petis khas Semarang

SEMARANG - kanal9.id - Dalam setiap perjalanan ke suatu daerah, ada satu hal yang selalu menarik untuk dibawa pulang: oleh-oleh khas daerah tersebut. Semarang, kota yang terkenal dengan berbagai makanan khasnya, tak terkecuali. Salah satu oleh-oleh yang wajib dicoba dan dibawa pulang adalah Tahu Petis.

Tahu Petis merupakan makanan yang terbuat dari tahu yang diisi dengan petis. Mengenal lebih dalam, petis adalah bahan makanan yang dibuat dari fermentasi udang atau ikan yang kemudian dibumbui dengan gula, garam dan bumbu-bumbu lainnya. Bumbu-bumbu ini dipilih dan diracik dengan teliti untuk menghasilkan rasa petis yang khas dan lezat.

Baca juga: Kenangan Indah dari Semarang Melalui Oleh-Oleh Khasnya

Keunikan dari Tahu Petis bukan hanya terletak pada isian petisnya saja, tapi juga pada proses pembuatannya. Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang memiliki tekstur kenyal. Tahu tersebut kemudian diisi dengan petis yang telah dibumbui. Proses ini memerlukan keahlian khusus agar tahu tidak hancur saat diisi petis dan rasa petis meresap sempurna dalam tahu.

Baca juga: Berkenalan dengan Semarang Melalui Oleh-Oleh Khasnya

Selain itu, rahasia utama dari kelezatan Tahu Petis adalah bumbu petisnya itu sendiri. Bumbu petis yang khas menjadikan Tahu Petis memiliki rasa yang unik dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Rasanya yang gurih dan aromanya yang khas akan terus melekat di lidah setelah mencicipinya.

Tidak hanya sebagai oleh-oleh, Tahu Petis juga menjadi bagian dari kuliner khas Semarang yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Kelezatan dan keunikan rasanya pasti akan membuat Anda terkesan.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Semarang: Menggali Nilai Budaya dalam Setiap Gigitan

Jadi, jika Anda berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk mencoba Tahu Petis. Rasanya yang lezat dan unik, ditambah dengan proses pembuatan yang menarik, menjadikan Tahu Petis sebagai oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda coba dan bawa pulang.

Kontributor:

Terkait