Rekomendasi Oleh Oleh Khas Semarang Paling Enak dan Bikin Nagih!

20 April 2024
Lumpia Khas Semarang

Kanal9.id - Setiap kota pasti memiliki keunikan dan khasnya masing-masing. Begitu juga dengan Semarang, di kota ini kamu bisa mencoba berbagai jenis oleh oleh khas Semarang yang tentunya enak dan nagih.

Ternyata selain bisa mencoba oleh oleh khas Semarang, kamu juga bisa loh mencicipi berbagai kuliner khas Semarang. Kota Semarang memang terkenal dengan makanannya yang sangat lezat.

Jadi tungggu apa lagi, jangan sampai kamu tidak mencoba oleh oleh khas Semarang dan berbagai kuliner lainnya ketika berlibur di kota ini, ya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi oleh oleh khas Semarang yang enak dan akan membuat siapa saja yang merasakan ketagihan.

BACA JUGA: Oleh-oleh Khas Semarang Terunik!

Oleh Oleh Khas Semarang yang Enak dan Nagih

1. Ayam Tulang Lunak

Ayam Tulang Lunak merupakan ayam yang sudah dimarinasi dan dimasak menggunakan pressure cooker hingga empuk. Rasa gurih dari bumbunya meresap ke dalam tulang yang menambah cita rasa masakan ayam ini.

Ketika menyantap masakan ini, kamu dapat menikmati hampir setiap potongan ayam tanpa sisa. Itulah sebabnya makanan ini menjadi favorit banyak wisatawan.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan ikan bandeng yang diolah dengan teknik presto sehingga dagingnya menjadi sangat empuk dan lezat. Biasanya makanan ini disajikan dengan bumbu yang khas dan sedikit pedas.

Ikan bandeng presto merupakan hidangan yang menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utamanya. Keunikan dari masakan ini terletak pada tekstur bandeng presto yang sangat lembut. Tak hanya daging, tetapi juga pada bagian durinya, maka tidak perlu khawatir kamu tidak akan tertusuk duri saat makan.

3. Lontong Spekkoek Waiki

Tidak seperti kue lapis asli yang berbentuk seperti balok, Lontong Spekkoek Waiki ini terlihat seperti lontong panjang. Tiap lapis kue ini terlihat jelas saat diiris dengan rasa yang tak kalah enak dari lapis legit. Ada banyak rasa yang bisa kamu coba, yaitu rasa cokelat, raspberry, dan pandan.

BACA JUGA: Nikmatnya Kuliner dan Oleh Oleh Khas Semarang, Berikut Rekomendasi yang Dijamin Enak!

4. Lumpia

Lumpia merupakan oleh oleh khas Semarang yang sangat terkenal dan tidak boleh dilewatkan. Makanan ini memiliki isian yang terbuat dari rebung, telur, dan sayuran.

Isian dari Lumpia ini adalah rembung (bambu muda) dengan rasa yang gurih di luar, tetapi lembut di dalam. Lumpia Semarang mempunyai dua jenis, yaitu Lumpia basah dan Lumpia kering. Perbedaannya terletak pada warnanya, jika lumpia kering berwarna coklat sedangkan lumpia basah berwarna putih.

5. Wingko Babat

Wingko Babat merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras, gula, ketan, dan parutan kelapa. Oleh oleh khas Semarang ini wajib sekali masuk daftar buah tangan yang harus dibagikan kepada teman atau suadara.

Wingko Babat juga memiliki berbagai rasa, mulai dari rasa coklat, pisang, hingga durian. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati sebagai cemilan atau oleh-oleh.

Demikian itu tadi rekomendasi oleh oleh khas Semarang yang wajib kamu coba dan kamu beli. Dijamin deh rasanya enak dan akan membuat kamu ketagihan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu.***

Kontributor:

Terkait