Resep Tahu Bakso, Salah Satu Oleh Oleh Khas Semarang Yang Cocok Untuk Dijadikan Lauk

18 April 2024
tahu bakso

kanal9.id - Bagi Anda yang mencari alternatif lauk yang unik dan lezat, tahu bakso bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu oleh-oleh khas dari kota Semarang ini merupakan perpaduan antara tahu dan bakso sapi yang disajikan ketika hangat. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang kaya, tahu bakso bisa menjadi variasi menu di rumah Anda.

Pertama, mari kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahannya. Anda akan membutuhkan beberapa bahan utama, yaitu tahu putih, daging sapi giling, tepung tapioka, bawang putih, telur, dan garam. Bahan-bahan ini dapat dengan mudah dijumpai di pasar atau supermarket terdekat.

Baca juga: Nikmatnya Kuliner dan Oleh Oleh Khas Semarang, Berikut Rekomendasi yang Dijamin Enak!

Langkah awal dalam proses pembuatan tahu bakso adalah mempersiapkan adonan bakso. Haluskan daging sapi dan campurkan dengan tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan, telur, dan garam. Adonan ini nantinya akan menjadi isi dari tahu.

Setelah adonan bakso siap, potong tahu menjadi dua bagian dan kosongkan tengahnya. Tahu yang telah dikosongkan ini akan diisi dengan adonan bakso yang telah disiapkan sebelumnya.

Baca juga: Sejarah Wingko Babat: Oleh-oleh Khas Semarang yang Manis dan Gurih

Langkah selanjutnya adalah merebus tahu yang sudah diisi adonan bakso. Siapkan air dalam panci dan rebus hingga tahu mengapung dan adonan daging matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Tahu bakso tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi. Daging sapi kaya akan protein, sedangkan tahu adalah sumber protein nabati yang baik. Dengan demikian, tahu bakso bisa menjadi pilihan lauk yang sehat untuk keluarga.

Baca juga: Lontong Manis? Intip Resep Lontong Spekkoek Waiki, Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dicicipi!

Jadi, tunggu apa lagi? Coba buat tahu bakso sendiri di rumah. Dengan resep yang mudah dan bahan-bahan yang mudah didapat, Anda bisa menyajikan lauk yang lezat dan berkhasiat. Selamat mencoba!(*)

Kontributor:

Terkait