Rugi Kalau Gak Mampir! Garang Asem Sari Rasa, Kuliner Kudus Bikin Gobyosss

25 May 2023
Garangasem

KUDUS - Jika kamu ke kota kudus jangan lupa mencicipi makanan kota Kretek ini, ada eneka soto khas kudus, lentog tanjung, semur kutuk dan yang gak kalah uenak adalah garangasem. Nah kamu gak boleh melewatkan untuk menjajal satu kuliner khas Kudus, yaitu garang asem Sari Rasa.

Baca juga : Wisata Alam di Kudus Dipadati Wisatawan Saat Liburan

Garang asem sendiri bisa dibilang bukan makanan asli Kudus, namun dengan cita rasa yang spesial, rumah makan bernama Sari Rasa tersebut sukses membikin kuliner garang asem ngehits di kota Kudus. Penasaran seperti apa keistimewaan garang asem Sari Rasa? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Terbuat dari ayam kampung pilihan

Garang Asem Sari Rasa, Kuliner Wajib Kalau Singgah di Kudusinstagram.com/herditotamami

Berbeda dengan garang asem pada umumnya, garang asem Sari Rasa memilih ayam kampung, bukan ayam broiler, sebagai bahan utama pembuatan garang asem. Pemilihan ayam kampung membuat cita rasa garang asem jadi lebih gurih dan wangi, meski daging ayam kampung memang cenderung lebih alot ketimbang ayam broiler.

2. Ada tiga jenis isian garang asem

Garang Asem Sari Rasa, Kuliner Wajib Kalau Singgah di Kudusinstagram.com/infomakan

Dari ayam kampung pilihan tersebut, kamu bisa memilih tiga jenis isian garang asem, yaitu garang asem ayam, garang asem jeroan ayam, dan garang asem ceker ayam. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan kesukaan kamu.

3. Tomat hijau dan cabai rawitnya menggugah selera

Garang Asem Sari Rasa, Kuliner Wajib Kalau Singgah di Kudusinstagram.com/kulinermryu_

Dihidangkan dalam sebungkus daun pisang, kamu akan menjumpai potongan tomat hijau dan cabai rawit begitu bungkus daun pisangnya terbuka. Aroma yang keluar dijamin langsung menggugah selera makan. Di balik tomat hijau dan cabai rawit itulah, potongan ayam kampung siap menunggu uluran tanganmu untuk disantap.

4. Tendangan pedas asam dan rasa gurih kuahnya bikin ketagihan

Garang Asem Sari Rasa, Kuliner Wajib Kalau Singgah di Kudusinstagram.com/febriariyani3

Nah, kini tiba giliran cicipi kuah garang asem dan daging ayam kampungnya. Sekali seruput kuahnya, kamu bisa buktikan kalau kaldu ayam kampung garang asem Sari Rasa memang betul-betul maknyus!

Apalagi daging ayam kampung yang sudah bercampur dengan bumbu-bumbu spesial, tomat hijau, dan cabai rawit. Sensasi rasa pedas bercampur asam makin bikin lidah gak bisa berhenti bergoyang.

5. Menuju rumah makan Sari Rasa

Garang Asem Sari Rasa, Kuliner Wajib Kalau Singgah di Kudusinstagram.com/hand_saja

Jika kamu berencana mampir ke rumah makan Sari Rasa untuk menjajal menu garang asem, kuliner ini sudah ready sejak jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Harga seporsi garang asem ayam dan jeroan ayam sekitar Rp27.500. Sedangkan garang asem ceker dibanderol sekitar Rp20.000 per porsi.

Alamat lengkap rumah makan Sari Rasa sendiri berada di jalur utama lintas pantura, tepatnya di Jalan AKBP Agil Kusumadya No.20, Kecamatan Jati, Kudus. Kalau kamu datang dari arah Semarang, posisi rumah makan ada di sisi kiri jalan, ya. Mudah banget kok menemukannya.

Sudah makin penasaran dan tergoda untuk menjajal kuliner garang asem Sari Rasa ini? Ayo, segera bikin agenda untuk jalan-jalan ke Kudus!