Salah Satu Tahanan Kabur dari LP Sragen Ditemukan di Ciputat

27 November 2022
Ilustrasi

SRAGEN - Satu tahanan yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Sragen berhasil ditangkap di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Satu tahanan tersebut berinisial AS yang terjerat kasus narkoba.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LP Kelas IIA Sragen Budi Yuliarno membenarkan penangkapan tahanan tersebut. Tim buru sergap (Buser) yang diterjunkan masih melakukan pencarian empat tahanan lain.

”Tapi kami bisa menjelaskan kronologi penangkapan AS karena posisinya masih di Jakarta,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (26/11).

Hanya saja, berdasarkan informasi AS berhasail ditangkap di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten pada Jumat (25/11) malam atau lima hari setelah kabur pada Senin (21/11).

Sementara itu, Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik LP Kelas IIA Sragen, David Sapto Aji, mengungkapkan penangkapan AS berkat kerja sama dengan instansi lain.

”Posisi tahanan yang tertangkap itu masih di Jakarta, yakni dititipkan di Unit Pelayanan Teknis (UPT) terdekat. Untuk selanjutnya, kami berkoordinasi dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham [Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia] dan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham untuk tindak lanjut atas hasil penangkapan tahanan tersebut,” jelas David.

Penangkapan AS ini diharapkan bisa menjadi pintu masuk untuk mengendus keberadaan empat tahanan lain yang masih buron. Untuk kronologi penangkapan tersebut, David masih menunggu informasi dari Tim Buser LP Sragen.(is/kan1)