Sampai Jelang Buka Puasa Tak Pulang, Warga Sumowono Ditemukan Tewas, Diduga Jatuh Saat Petik Buah Alpukat

22 April 2021

UNGARAN - Niatnya memanen buah alpokat untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari, namun nasib berkata lain. Itulah yang dialami oleh Walno (49). Tanpa disangka sama sekali, warga dusun Sekeper RW 03 Desa Duren, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang tersebut ditemukan di bawah pohon alpokat di kebunnya tadi siang (22/4).

Kasubbag Humas Polres Semarang AKP Sugiyarto menuturkan, kronologi kejadian bermula pada Rabu (21/4) sekitar pukul 08.00 korban berpamitan hendak ke ladang memetik buah alpukat. Seperti biasanya korban berangkat sendirian.

Namun, sampai menjelang buka puasa korban belum pulang. Salah satu anak korban kemudian mendatangi saudara korban, Antino (57) yang juga tetangganya mengabarkan keberadaan bapaknya yang belum pulang.

“Setelah magrib ternyata korban belum juga pulang. Sesuai kesepakatan keluarga akhirnya meminta bantuan tetangga untuk bersama-sama mencari keberadaan korban,” ungkap Sugiyarto.

Saat itu dilakukan pencarian di sekitar ladang korban dan hutan yang banyak ditumbuhi semak belukar. Sampai pukul 02.00 korban belum berhasil ditemukan. Atas perintah Kepala Desa Duren dan Kepala Dusun Sekeper pencarian dihentikan untuk dilanjutkan esok hari.

“Pencarian kedua dilakukan mulai pukul 08.30 dengan jumlah warga semakin banyak. Mereka dibagi menjadi dua kelompok melakukan pencarian ke ladang korban dan ke arah turun bawah,” jelasnya.

Satu jam kemudian, sekitar pukul 09.30, warga menemukan korban berada di bawah pohon alpukat. Ketika diperiksa korban diketahui sudah dalam keadaan meninggal dunia, bahkan tubuhnya mulai kaku.

Selanjutnya seperti dikutip dari ungarannews.com, petugas kepolisian bersama petugas Puskesmas Sumowono melakukan pemeriksaan. Petugas tidak menemukan luka tidak wajar, korban diduga meninggal akibat jatuh dari pohon.

“Keluarga menuturkan korban memiliki riwayat sakit darah tinggi dan sering kejang-kejang. Diduga sakitnya kambuh saat berada di atas pohon hingga terjatuh,” Lanjutnya. (Kan3)

Terkait