Sangat Mudah, Begini Cara Atasi Nomor HP Akun DANA Hilang atau Expired

12 February 2024
Ilustrasi cara mengatasi nomor HP akun DANA hilang atau expired

kanal9.id - DANA merupakan salah satu dompet digital yang banyak digunakan oleh orang-orang, karena kemudahannya untuk digunakan bertransaksi. Kelebihan lainnya adalah pengguna hanya perlu menyediakan nomor HP saja, tapi bagaimana jika nomor HP akun DANA hilang atau bahkan expired?

Waduh, ini pasti yang sangat meresahkan banyak orang, pasalnya bisa saja nomor hp yang digunakan sudah tak terpakai sehingga hilang dan bahkan expired. Sehingga bermunculan pertanyaan terkat cara mengatasi nomor HP akun DANA yang hilang atau mungkin juga expired.

Padahal dengan kemudahannya dalam bertransaksi yang tidak harus menggunakan rekening ini, tentu saja dompet digital yang identik dengan warna biru ini banyak digunakan. Jika memang kamu mengalami permasalahan serupa, wajib untuk menyimak cara mengatasi nomor HP akun DANA yang hilang maupun expired yang akan artikel ini bahas.

Dengan begitu kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasi nomor HP akun DANA milik kamu yang sudah hilang ataukah expired. Langsung saja intip ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Baca juga: Cara Ganti PIN Saat Lupa Agar Tidak Mengalami Akun DANA Diproteksi

Cara mengatasi nomor HP akun DANA hilang atau expired

Ada dua kondisi di mana apabila nomor HP atau device yang hilang, dan kemungkinan lainnya adalah nomor yang expired. Tentunya cara untuk menghadapi keduanya juga berbeda.

Tentunya tidak mau bukan jika saldo yang berada di dalam akun kamu hangus sia-sia begitu saja. Maka dari itu, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini agar akun milik kamu bisa digunakan kembali secara normal.

1. Nomor HP atau device hilang

Dilansir dari pusat bantuan DANA, ada dua cara yang bisa kamu lakukan jika nomor HP ataupun device yang hilang. Otomatis hal ini akan memberikan kamu kemudahan untuk mengatasi permasalahan kehilangan tanpa ketar-ketir memikirkan bagaimana nasib saldo DANA jika memang lumayan jumlahnya.

Pertama, kamu bisa memanfaatkan perangkat lainnya jika memang kamu mempunyainya. Lakukan login dengan perangkat lain yang kamu miliki.

Baca juga: Tenang, Inilah Cara Mengembalikan Akun DANA yang Dipakai Orang Lain

Kamu bisa login dengan nomor yang memang telah terdaftarkan di DANA. Tentunya juga dengan PIN DANA milik kamu yang digunakan untuk proses verifikasi.

Setelah itu, kamu bisa mengubah nomor ponsel untuk akun DANA kamu. Pastikan agar nomor yang kamu masukkan masih aktif agar bisa digunakan.

Sementara jika memang kamu tidak mempunyai perangkat lainnya, kamu bisa menghubungi pusat bantuan DANA. Kamu bisa mengirimkan keluhan kamu melalui email [email protected].

Tapi bagaimana prosedur untuk mengirimkan email keluhan? Sebelum mengirimkan email, pastikan kamu sudah menghubungi DANA Customer Care untuk mendapatkan nomor tiket keluhan.

Baca juga: Akun DANA Diproteksi? Pahami Cirinya dan Segera Lakukan Hal Ini

Kemudian catat nomor tiket keluhan yang sudah kamu peroleh dari tim DANA Customer Care. Setelahnya rekam serta siapkan video selfie kamu dengan memegang selembar kertas yang sudah kamu tulisi nomor HP yang baru.

Jika memang sudah siap, kirimkan video selfie tersebut pada email [email protected]. Dan tunggu hingga proses pengaduan kamu diproses.

2. Nomor HP expired

Jika memang nomor HP kamu expired, maka kamu bisa mengubah nomor hp di aplikasi DANA. Yang tentu saja dengan syarat kamu masih hafal PIN DANA akun kamu.

Tapi, bagaimana cara mengubah nomor HP di aplikasi DANA? Ikuti langkah-langkah di bawah ini jika memang kamu belum tahu bagaimana caranya.

Bisa Dipulihkan, Berapa Lama Akun DANA Diproteksi?

  • Buka aplikasi DANA
  • Pilih menu Saya, dan klik pada bagian Pengaturan Keamanan
  • Klik Ubah Nomor Ponsel
  • Pastikan nomor DANA yang terdaftar memang yang ingin kamu ganti, lalu pilih ganti nomor

Perlu diketahui bahwa pergantian nomor hp ini hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam 90 hari. Dang yang perlu digarisbawahi juga adalah bahwa nomor yang sudah pernah digunakan sebelumnya dan diganti tidak bisa digunakan lagi.

Apabila kamu juga tidak mengingat PIN akun milikmu, kamu bisa mengubah nomor HP melalui Pusat Resolusi yang ada di aplikasi DANA. Dengan cara buka pada bagian menu Saya, lalu pilih Pusat Resolusi untuk mendapatkan bantuan yang selanjutnya.

Sangat mudah bukan cara mengatasi nomor HP akun DANA yang hilang ataukah juga expired? Pastikan kamu berhati-hati yah, jangan sampai kamu sendiri yang rugi karena kurang berhati-hati.(*)

Kontributor:

Terkait