Sebanyak 20 Sekolah di 3 Kecamatan di Brebes Diliburkan Akibat Banjir

21 November 2022
Foto:Detik.com/ImamSuripto

BREBES - Sebanyak 20 sekolah di Brebes, Jawa Tengah terpaksa meliburkan kegiatan belajar mengajar sejak Sabtu (19/11) hingga Senin (21/11) hari ini.

Gara-garanya, puluhan sekolah yang berasal dari tiga kecamatan tersebut kebanjiran Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, Juwita Asmara menjelasakan, peliburan 20 sekolah tersebut terpaksa dilakukan setelah sekolah terendam banjir yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemali, Brebes.

”Sekolah yang terendam paling banyak SD dan SMP. Total ada sekitar 20 sekolah yang tersebar di tiga kecamatan,” katanya seperti dikutip Detik.com, Senin (21/11). Ia menyebutkan, tiga kecamatan yang terdampak banjir tersebut, masing masing Brebes, Wanasari dan Jatibarang.

Di Kecamatan Brebes ada 12 sekolah yang terendam banjir, yaitu SDN Terlangu 01, SDN Terlangu 02, SDN Terlangu 03, SDN Pemaron 01, SDN Pemaron 02, SDN Pemaron 03, SDN Pulosari 01. Kemudian SDN Pulosari 02, SDN Pulosari 03, SDN Wangamdalem 01, SDN Wangandalem 02, dan SMPN 5 Brebes.

Di Kecamatan Wanasari, sekolah yang terendam banjir yaitu SDN Lengkong 01, SD Sawojajar 02, SDN Glonggong 01, SDN Glonggong 02, SDN Jagalempeni 05, SDN Lengkong 02, dan SDN Jagalempeni 04. Di beberapa sekolah, banyak siswa yang datang untuk gotong-royong bersih-bersih ruang kelas dan lingkungan sekolah dari endapan lumpur banjir.

Kegiatan belajar mengajar untuk sementara terpaksa masih diberhentikan karena ruangan kelas belum bisa ditempati. Kepala SDN Terlangu 01 Aisyah Suciyati mengatakan, untuk siswa kelas 1 sampai kelas 3 diliburkan atau belajar di rumah masing-masing.

Sementara untuk siswa kelas 4 sampai kelas 6 tetap masuk untuk membantu membersihkan lumpur bekas banjir di sekolah.

”Untuk berkas-berkas sekolah aman dan tidak ada yang rusak. Hanya tembok sekolah yang sudah mulai keropos, terus terendam banjir jadi temboknya lebih keropos,” ujar Aisyah Suiyati.(is/kan1)

Terkait