Segera Cair Kembali Bulan Oktober, Simak Syarat Penerima untuk Mendapatkan Bansos PKH dan BPNT 2023

23 September 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Bantuan sosial atau bansos yang disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) untuk masyarakat Indonesia yang kurang mampu atau rentan miskin. Pemerintah memberikan bansos kepada penerima manfaat dalam bentuk tunai maupun non tunai.

Bansos yang disalurkan ini ada dua jenis yakni bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat miskin. Penyaluran bansos ini bertujuan untuk membantu dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat miskin.

Pemerintah Indonesia akan mulai kembali melakukan pencairan bansos melalui Kemensos mempersiapkan data para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan mendapatkan bantuan sosial ini. Bansos yang akan cair kembali bulan Oktober ini yakni bansos PKH dan bansos BPNT 2023.

Kemensos mengatakan bahwa hanya akan ada beberapa masyarakat yang dapat menerima bansos PKH dan BPNT ini. Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini harus masuk beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Kemensos untuk mendapatkan bansos ini.

Bagi para penerima manfaat, perlu diperhatikan bahwa dalam sebuah Kartu Keluarga (KK) aka nada empat tanda sebagai KPM yang akan lolos dalam SP2D untuk mencairkan bansos PKH dan BPNT bulan Oktober 2023 mendatang.

Baca juga: Bansos PKH Tahap 3 Cair Kembali Hingga Rp 750.000, Buruan Cek Daftar Penerimanya!

Kemensos akan menyalurkan bansos PKH dan BPNT tahap 4 bulan Oktober ini melalui PT Pos Indonesia, jadi bagi para penerima manfaat bisa melakukan pencairan bansos melalui Kantor Pos terdekat di wilayah masing-masing.

Berikut empat syarat yang harus diperhatikan oleh Keluarga Penerima Mnafaat (KPM) yang masuk dalam daftar penerima bansos yang lolos dlam SP2D untuk alokasi bansos PKH dan BPNT bulan Oktober 2023.

Syarat Penerima Bansos PKH dan BPNT bulan Oktober 2023

1. Data kependudukannya sudah sama dengan data Dukcapil

Bagi para penerima manfaat harus sudah memastikan bahwa data yang dimiliki harus sama antara data di Kementerian Sosial dan data di Dukcapil. Cara untuk mengecek apakah data sudah sama bisa melalui operator SIKS-NG di desa masing-masing.

Jika ada perbedaan data antara Kemensos dan Dukcapil bisa melakukan perbaikan data dengan cara meminta operator untuk melakukan perbaikan data KPM. Data yang berbeda tentu saja akan menjadi masalah dan tidak dapat menerima bansos PKH maupun BPNT 2023.

Kemensos baru akan melalukan penyaluran bansos ini kepada penerima manfaat yang datanya sudah sama dengan data di Kemensos dan data di Dukcapil. Jadi pastikan sebelum waktu pencairan bansos untuk melakukan pengecekan data agar dapat menerima bansos.

2. Data dalam KK masuk dalam kategori penerima bansos

Data keluarga dalam Kartu Keluarga jika memiliki salah satu anggota yang masuk dalam kategori penerima bansos seperti balita, anak sekolah, lansis, disabilitas maupun ibu hamil berarti berhak untuk menerima bansos PKH maupun BPNT 2023.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa penerima manfaat sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika tidak terdaftar maka penerima manfaat tidak bisa mendapatkan bansos PKH maupun BPNT 2023.

Baca juga: Masih Cair Kembali Sebesar Rp 600.000, Pastikan Nama Kamu Masuk sebagai Penerima Bansos BPNT Tahap 3

3. Seluruh anggota keluarga harus layak menerima bansos

Semua anggota keluarga yang berada dalam Kartu Keluarga harus layak menjadi penerima bansos. Jika ada salah satu keluarga dalam KK yang bekerja dengan gaji diatas Upah Minimum Provinsi (UMK) maka anggota dalam KK tersebut tidak layak untuk menerima bansos PKH dan BPNT 2023.

Secara otomatis daftar penerima bansos yang memiliki gaji diatas UMP atau yang berprofesi sebagai PNS, Polri atau TNI akan langsung keluar dari sistem dan data DTKS serta tidak akan menerima bansos PKH dan BPNT untuk alokasi bulan Oktober 2023 dari Kemensos.

4. Pemerintah daerah sudah menyatakan layak bansos

Sebelum dilakukan penyaluran bansos PKH dan BPNT 2023 kepada para penerima manfaat, pemerintah daerah akan melakukan seleksi data untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terlebih dahulu. Jika ditemukan KPM yang dianggap sejahtera akan otomatis tercoret dari daftar penerima bansos pemerintah.

Demikianlah syarat yang perlu diperhatikan bagi seluruh penerima manfaat untuk penyaluran bansos PKH dan BPNT bulan Oktober nanti. Semoga informasi ini dapat membantu! *KM-02

Terkait