Segera Cair! Penerima Bansos BLT BBM Akan Dapat Bantuan Hingga Rp 600 Ribu, Begini Cara Mengeceknya

13 September 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Upaya pemerintah Indonesia dalam membantu masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan bantuan sosial (bansos). Dikabarkan bahwa bansos BLT BBM akan segera cair September 2023, penerima akan mendapatkan bantuan hingga Rp 600 Ribu.

Pemerintah memberikan bansos BLT BBM ini secara tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nominal Rp 600 ribu dan akan disalurkan kepada hampir 20,56 Juta masyarakat. Tujuan pemerintah memberikan bansos BLT BBM ini untuk memberikan kompensasi harga BBM yang naik.

Dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan bansos BLT BBM ini sebesar Rp 12,4 Triliun untuk memberikan subsidi BBM dan disalurkan kepada KPM yang membutuhkan selama beberapa minggu ke depan.

Bagi kalian yang ingin mengecek apakah kalian berhak mendapatkan bansos BLT BBM ini atau tidak bisa langsung melakukan pengecekan lewat website resmi cek bansos dari Kemensos. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Baca juga: Kabar Baik! Bansos PKH Cair Lagi September 2023, Berikut Jadwal dan Cara Pencairannya

Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM:

  1. Buka laman resmi melalui cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data diri KPM seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamantan dan desa/kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan nama lengkap KPM sesuai dengan yang tertera di KTP.
  4. Masukkan kode captcha lalu klik “Cari Data”.
  5. Sistem akan otomatis menampilkan nama KPM apakah berhak menerima bansos BLT BBM senilai Rp 600 Ribu atau tidak.

Bagi KPM yang ingin mengajukan diri sebagai penerima bansos BLT BBM ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Simak persyaratan penerimanya berikut ini!

Syarat Penerima Bansos BLT BBM:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Warga miskin atau rentan miskin
  • Bukan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti TNI atau Polri.
  • Terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam data DTKS Kemensos.
  • Berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta perbulan.

Baca juga: Sebanyak 55 Ribu Penerima Bansos BLT Akan Dapat Tambahan Rp 500 Ribu, Simak Kriterianya Berikut Ini!

Bagi kalian yang sudah memenuhi persyaratan yang disebutkan berarti kalian berhak mendapatkan bansos BLT BBM dari Kemensos. Bagi yang berhak tetapi belum mendapatkan bantuan bisa langsung mengajukan bantuan lewat aplikasi Cek Bansos.

Jika menemukan atau merasa curiga dengan bantuan BLT BBM yang salah sasaran, kalian bisa mengajukan pengaduan lewat hotline dari Kemensos dengan menghubungi nomor 08111022210 atau bisa mengajukan pengaduan online lewat email [email protected].

Nomor dan email yang tertera tersebut bukan digunakan untuk mendaftar dan mengajukan sebagai penerima bansos BLT BBM namun hanya untuk pengaduan. Jika ada hal yang mencurigakan seperti bantuan salah sasaran, penyelewengan dana, dan ada pungutan liar bisa langsung menghubungi nomor dan email yang tertera. *KM-02

Terkait