Sejarah Lahirnya Lumpia, Oleh-oleh Khas Semarang yang Enak dan Populer!

21 April 2024
Lumpia

Kanal9.id - Siapa yang tak tau Lumpia? cemilan gurih ini menajdi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang wajib di bawa ketika berlibur ke Semarang. Oleh-oleh Khas Semarang ininjuga menjadi salah satu icon kota Semarang loh.

Rasanya yang gurih dengan tekstur kulit yang renyah ketika digoreng dan isian yang lembut membuat siapapun akan ketagihan mencobanya. Ini menjadikan Lumpia sebagai Oleh-oleh Khas Semarang yang paling populer. Sehingga ketika ditanya makanan khas Semarang itu apa pasti jawaban pertama yang tercinta adalah Lumpia.

Namun, apakah kalian tau sejarah dari Lumpia itu sendiri? Dari mana asalnya? Hingga kisah dibaliknya yang membuat Oleh-oleh Khas Semarang ini menjadi salah satu camilan populer di Semarang.

Perjalanan Lumpia menuju kepopuleran nya hingga saat ini sangat panjang. Nah Kanal9.id akan menceritakan sejarah asal muasal Lumpia. Ini juga menambah pengetahuan mengenai ilmu sejarah Oleh-oleh Khas Semarang.

BACA JUGA: Sejarah Wingko Babat: Oleh-oleh Khas Semarang yang Manis dan Gurih

Sejarah Lumpia:
Awal Mula Lumpia Semarang
Pada abad ke-19, seorang imigran Tionghoa bernama Tjoa Thay Joe membawa resep lumpia dari Fujian. Pada awalnya, resep lumpia dibuat dengan isian utama yaitu rebung dan daging babi. Tetapi, seiring berjalannya waktu, resepnya menyesuaikan selera warga lokal dengan menambahkan bahan lain seperti telur dan udang.

Perpaduan Budaya Jawa dan Tionghoa
Suatu ketika Tjoa Thay Joe bertemu dengan seorang perempuan Jawa bernama Mbak Wasih. Mbak Wasih memberikan teknik membungkus lumpia yang berbeda kepada Tjoa Thay Joe.

Teknik tersebut menjadikan tekstur kulit yang lebih renyah dan bentuk yang lebih cantik. Nah, perpaduan budaya inilah Lumpia Semarang yang kita kenal sekarang lahir.

Popularitas Lumpia Semarang
Seiring berjalnnya waktu, lumpia Semarang semakin populer di kalangan warga lokal dan wisatawan luar. Keberadaannya selalu ada di berbagai acara festival dan acara kuliner membantu memperkenalkan lumpia tak hanya di Semarang namun juga di seluruh penjuru Indonesia. Hingga saat ini, lumpia Semarang telah menjadi salah satu icon oleh-oleh khas Semarang yang paling digemari.

BACA JUGA: Rekomendasi Oleh-oleh khas Semarang: Renyah dan Gurih Tiada Lawan!

Lebih dari Sekadar Camilan
Sekarang, lumpia tak hanya menajdi camilan yang lezat, tetapi juga menajdi suatu simbol sejarah dan budaya kota Semarang. Perpaduan rasa dan teksturnya yang memanjakan lidah mencerminkan kekayaan budaya Semarang.

Mencoba lumpia Semarang berarti anda telah menyelam kedalam akulturasi budaya dan tradisi yang telah ada dan berlangsung selama berabad-abad terutama di Semarang.

Demikian artikel tentang sejarah lahirnya Lumpia, Oleh-oleh khas Semarang yang Enak dan Populer hingga saat ini. Semoga bermanfaat.***

Kontributor:

Terkait