Selamat! 2 Bansos Ini Akan Cair Secara Tunai Hingga Akhir Oktober, Berikut Cara Cek Penerimanya

25 October 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Selamat! Kabar baik bagi para penerima manfaat bahwa 2 bansos ini akan cair secara tunai hingga akhir bulan Oktober 2023. Bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa langsung mengecek nama apakah masuk dalam daftar penerima bansos, berikut cara cek penerimanya.

Penyaluran bansos oleh pemerintah melalui Kemensos ini memang sudah ditunggu-tunggu setiap bulannya selama satu tahun ini oleh KPM yang berada di seluruh Indonesia. Khusunya pada penyaluran bansos uang tunai untuk alokasi bulan September-Oktober 2023.

Terpantau sudah bahwa penyaluran bansos sejak awal bulan Oktober ini hingga 30 Oktober mendatang akan ada 2 penyaluran bansos. Kedua bansos yang akan disalurkan oleh Kemensos tersebut diketahui adalah bansos PKH dan juga bansos BPNT.

Penyaluran 2 bansos yakni bansos PKH dan BPNT ini akan disalurkan kepada KPM yang sudah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui Bank Himbara seperti Bank BRI, BNI, BSI, dan Mandiri. Selain itu, kedua bansos tersebut juga akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: Cek Rekeningmu Sekarang! Ambil Bansos BPNT Tahap 5 Cair Kembali Oktober Ini

Pencairan bansos PKH dan BPNT ini akan diberikan kepada KPM yang masih belum menerima pencairan bansos PKH dan BPNT tahap 3 yakni alokasi bulan Juli-Agustus 2023 lalu. Ada setidaknya 95.869 KPM yang akan dipercepat pencairan bansos PKH dan BPNT bulan Juli-Agustus 2023.

Bagi para penerima manfaat yang sudah mendapatkan informasi mengenai pencairan bansos PKH dan BPNT dari pendamping serta namanya masuk dalam SP2D percepatan pencairan bansos PKH dan BPNT tahap 3 untuk segera mengambilnya tidak lebih dari tanggal 30 Oktober 2023.

Apabila para KPM yang sudah menerima informasi mengenai percepatan bansos PKH dan BPNT tahap 3 bulan Juli-Agustus 2023 melebihi tanggal yang ditentukan oleh Kemensos yakni tanggal 30 Oktober 2023, maka uang bansos tersbut akan kembali masuk dalam kas negara.

Para KPM yang tidak mengambil dana bantuan tersebut kemungkinan besar tidak akan menerima pencairan bansos hingga di tahap selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan KPM segera mengambil dana bantuan yang diberikan Kemensos tersebut.

Baca juga: PT Pos Indonesia Percepat Distribusi Bansos Sembako dan PKH: Cara Mengecek Penerima

Sementara itu, untuk kabar penyaluran bansos PKH dan BPNT yang sudah mulai memasuki tahap 4 alokasi bulan Oktober, November dan September 2023 sudah mengalami pergerakan. Bansos PKH dan BPNT alokasi Oktober hingga Desember ini terpantau sudah cair melalui PT Pos Indonesia.

Bagi penerima manfaat yang sudah berhasil melakukan cek rekening hanya tinggal menunggu Kemensos untuk menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang dimana surat tersebut terbit perbankan akan memulai proses transfer dana bantuan ke rekening KPM.

Belakangan ini pemerintah juga berencana untuk memperpanjang periode penyaluran bansos beras sebanayak 10kg kepada KPM hingga akhir tahun 2023. Jika rencana perpanjangan periode penyaluran bansos beras 10kg ini disetujui, maka bantuan akan disalurkan hingga Desember 2023 mendatang.

*KM-02

Terkait