Siap-Siap! Bansos PKHS dan BPNT Tahap 4 Akan Cair Secara Serentak, Simak Jadwalnya Berikut Ini

1 September 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan yang cukup tinggi di Indonesia yaitu dengan cara memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. Melalui bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dapat membantu masyarakat kurang mampu.

Adanya program dari pemerintah ini diharapkan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu agar taraf kehidupan mereka lebih baik daripada sebelumnya.

Baca juga: Bansos PKH Balita Tidak Cair? Simak Penyebab dan Cara Pengecekannya Berikut Ini

Penerima bansos PKH ini terbagi menjadi beberapa kategori dan per kategorinya akan menerima nominal bansos yang berbeda tentunya. Dan untuk penerima bansos BPNT ini merupakan bantuan sosial berupa sembako atau uang tunai sebesear Rp 200.000 perbulan.

Pemerintah menyalurkan bansos PKH dan BNPT ini menjadi 4 tahap dan penyaluran bansos ini prosesnya masih terus berlanjut hingga saat ini. Namun, dikabarkan bahwa bansos PKH dan BNPT ini akan melakukan pencairan tahap ke 4 secara serentak.

Pemerintah melakukan pembagian bansos ini secara pertahap sepanjang tahun 2023 ini. Lantas kapankah pencairan bansos PKH dan BNPT tahap 4 tersebut? Simak informasi jadwal pencairan bansos PKH dan BNPT tahap 4 berikut ini!

  • Tahap 1 pencairan bansos : Januari – Maret Tahun 2023
  • Tahap 2 pencairan bansos : April – Juni Tahun 2023
  • Tahap 3 pencairan bansos : Juli – September Tahun 2023
  • Tahap 4 pencairan bansos : Oktober – Desember Tahun 2023

Namun, pencairan bansos PKH dan BNPT tahap 4 ini akan mulai disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai 1 September 2023. Pastikan lagi bahwa bagi kalian para KPM sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bansos PKH dan BNPT ini.

Berikut syarat yang harus dipenuhi oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mendapatkan bansos PKH dan BNPT yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berasal dari keluarga kurang mampu dengan menyertakan bukti surat keterangan miskin dari Desa atau Kelurahan tempat tinggal masing-masing.
  3. Wajib terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  4. Bukan termasuk dalam anggota keluarga dari ASN/PNS/TNI/Polri.

Penyaluran dana bansos PKH dan BNPT tahap 4 tahun 2023 yang cair pada bulan September ini akan disalurkan melalui Bank seperti Bank BNI, Bank BRI, Bank BSI dan Bank Mandiri serta melalui Kantor Pos untuk pengambilan dana bansos.

Baca juga: Turun Lebih Cepat, Bansos Beras untuk 21,35 Juta KPM Bakal Didistribusikan pada September 2023

Bagi pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bingung apakah akan mendapatkan bansos PKH dan BNPT atau tidak, kalian bisa mengecek terlebih dahulu nama penerimanya secara online melalui website resmi. Berikut cara untuk mengeceknya:

  1. Buka website resmi melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan wilayah KPM mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan tempat tinggal.
  3. Isi nama lengkap penerima bansos PKH dan BNPT sesuai dengan KTP.
  4. Ketik kode captcha yang muncul di layar, selanjutnya klik “Cari Data”.
  5. Setelah itu sistem akan menampilkan hasilnya apakah nama penerima mendapatkan bansos atau tidak.

Itu dia informasi terkait pencairan bansos PKH dan BNPT tahan ke 4 tahun 2023 lengkap dengan persyaratan dan cara mengecek penerima bansosnya. Semoga dapat membantu! *KM-02

Terkait