Singgahi Tegal Pemalang, 32 Biksu Thailand Menangis

25 May 2023
Perjalanan 32 Biksu Thailand Menuju Borobudur

KOTA TEGAL - kanal9.id - Rombongan 32 biksu melintas di jalan pantura kota tegal dan disambut oleh masyarakat kota tegal dengan luar biasa. Disampaikan oleh Biksu Bhante terharu dan sangat berkesan orang-orang tegal baik hati katanya.

“Kami tidak bisa mengatakan dengan ucapan. Kami sangat terharu. Orang-orang di sini baik-baik. Kami sampai menangis,” kata Bhante Wawan, Rabu 24 Mei 2023.

Biksu Bhante Wawan mengungkapkannya saat tiba di Objek Wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Kabupaten Tegal, Rabu pagi, 24 Mei 2023. Bhante Wawan yang terkenal juga sebagai Bhante Kanthadammo merupakan salah satu biksu yang berasal dari Cirebon.

Baca juga : Menag Ingin Candi Borobudur Jadi Rumah Ibadah Umat Budha di Dunia

Diakuinya saat memasuki Pulau Jawa, para biksu dari Thailand itu langsung mempunyai penilaian tersendiri tentang orang-orang Indonesia. Menurut mereka, orang-orang Indonesia sangat baik. Toleransinya sangat tinggi daripada dengan orang-orang di Thailand.

“Para biksu ini sampai mengangkat jempol tangan dan kakinya. Penyambutan orang-orang Indonesia sangat baik. Di Tegal juga baik,” ungkap Biksu Wawan.

Dari Pemalang 32 Biksu lanjut ke arah Timur yakni kota Pemalang, dan tidak kalah hangatnya masyarakat pemalang juga antusias menyambut para biksu, dan tidak ketinggalan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat dan Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Arilaya ikut dalam rombongan. Rencana para biksu akan bermalam di Klenteng Tjeng Gie Bio Ulujami.

Sepanjang Jalan 32 biksu Thailand menangis Haru

Perjalanan ribuan kilometer yang 32 biksu lakukan dari bangkok, Thailand, akan berakhir di Candi Borobudur di Magelang. Tepatnya di Kelenteng Liong Hok Bio pada, 31 Mei 2023 mendatang.

Menurut Wawan, ritual jalan kaki tersebut adalah thudong. Selain ritual jalan kaki dari Thailand hingga Candi Borobudur, juga untuk mengenalkan budaya Indonesia. Utamanya kepada para biksu yang berasal dari Thailand dan Malaysia.

Baca juga : Peringatan Waisak di Candi Borobudur, Perayaan Buddha Setiap Tahun di Indonesia

Tak terkecuali juga untuk mengenalkan umat Buddha yang berada di Indonesia. “Saya ingin mengenalkan kepada para biksu Thailand, bahwa biksu di Indonesia masih ada. Walaupun jumlahnya tidak banyak.”

Usai sarapan pagi di Objek Wisata Purin, ke-32 biksu kembali melanjutkan perjalanannya menuju ke Pekalongan pada pukul 09.30 WIB. Rombongan biksu ini mendapat pengawalan ketat dari Polisi, Banser, Petanesia, dan relawan lainnya.

Demikian informasi tentang 32 biksu Thailand menangis saat tiba di Tegal dan sekitarnya. Mereka singgah dalam perjalanan ritual Thudong ke Candi Borobudur di Magelang.

Terkait