Stok Melimpah, Kini Pemerintah Kembali Buka Pintu Ekspor Minyak Goreng

23 Mei 2022
(foto:Liputan6.com/Herman Zakharia)

JAKARTA - Bulan April kemarin Pemerintah melarang ekspor minyak goreng karena kelangkaan di masyarakat. Sekarang memutuskan untuk kembali buka pintu ekspor minyak pada hari ini, Senin (23/05/2022)

Langkah ini diambil karena saat pelarangan ekspor di bulan April, pasokan minyak bertambah melonjak sampai 211.000 ton per bulannya. Sedangkan bulan saat April sendiri hanya mencapai 64.500 ton

Dilansir dari liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dapat memenuhi kebutuhan masyaraka.

Hasilnya, berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dan laporan pasokan minyak goreng terus bertambah.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit baik petani pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada senin 23 Mei 2022," tegas Jokowi pada Kamis 19 Mei 2022 yang lalu dikutip dari liputan6.com.

Sedangkan menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dampak dari pelarangan ekspor dibulan lalu berimbas pada banyaknya stok yang kita miliki. Jadi saat ini stok minyak goring melimpah ruah. (Kan3)

Terkait