Tips Lengkap Saat DC Shopee Datang Ke Rumah!

19 April 2024

Kanal9.id - DC Shopee memanglah terdengar menakutkan bagi orang yang mengalami gagal bayar. Menurut informasi yang beredar mereka akan mendatangi rumah peminjam.

Tapi hal tersebut merupakan hak yang wajar karena pada dasaranya DC Shopee memang bertugas untuk mengurus galbay. Jadi semuanya sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan SOP.

Lalu apakah DC Shopee akan menagih ke orang-orang erdekat saat kamu gagal bayar tagihan? Simak berikut ini!

baca juga Wajib Tahu! Pengalaman Didatangi DC Shopee, Ini Hal-Hal yang Akan Terjadi dan yang Akan Didapatkan

Apakah DC Shopee Akan Menagih Ke rumah?

Penagihan oleh Debt Collector Shopee PayLater hanya akan dilakukan setelah semua langkah penagihan yang diperlukan telah dilakukan tanpa adanya respons dari peminjam. Kunjungan ke rumah adalah tahap terakhir dari proses penagihan, yang dijalankan apabila semua upaya sebelumnya tidak berhasil.

Hal ini termasuk dengan menagih ke kontak darurat yang kamu masukkan saat pendaftaran akun spaylater. Hanya kontak darurat dan tidak lebih ya.

Informasi ini telah dijelaskan secara transparan di situs Shopee PayLater. Sebagai perusahaan yang terdaftar secara resmi dalam bidang P2P Lending dan telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Shopee memiliki kewajiban untuk menjalankan kode etik penagihan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan OJK.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kepentingan dan perlindungan konsumen tetap terjaga. Prosedur Penagihan Shopee PayLater yang perlu kamu pahami adalah sebagai berikut:

baca juga Heboh! Apa Perbedaan DC Shopee dengan DC Shopee PayLater?

1. Informasi Pembayaran Awal
Langkah pertama dalam proses penagihan Shopee PayLater adalah memberikan informasi tentang cara pembayaran melalui pesan, sms, atau email sebelum jatuh tempo.

Tujuannya adalah mengingatkan debitur mengenai cara pembayaran, jatuh tempo, dan cicilan agar tidak terlambat atau gagal membayar. Pemberitahuan ini biasanya dilakukan oleh customer service tanpa melibatkan debt collector, kecuali jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh debitur.

2. Peringatan Keterlambatan Pembayaran
Selanjutnya, debitur akan diberikan peringatan jika terlambat membayar. Ini menandakan pelanggaran terhadap jatuh tempo yang telah disepakati sebelumnya. Biasanya, debitur diberi tenggat waktu maksimal 3 hari sebelum pesan peringatan dikirimkan, yang berisi jumlah hari keterlambatan, denda, bunga, dan informasi lainnya.

baca juga DC Shopee PayLater Memang Meresahkan Tapi Shopee PayLater Menguntungkan?

3. Penagihan Melalui Telepon
Jika peringatan tertulis tidak direspons, debt collector akan menghubungi debitur melalui telepon. Ini merupakan metode komunikasi yang efektif untuk mencapai debitur, terutama bagi mereka dengan risiko gagal bayar tinggi. Langkah ini menunjukkan upaya mediasi Shopee PayLater untuk membantu debitur menyelesaikan tunggakan.

4. Penagihan Lapangan
Langkah terakhir dalam penagihan adalah mendatangi rumah debitur, biasanya setelah beberapa kali gagal bayar dan tidak responsif terhadap peringatan sebelumnya. Prosedur ini tetap sesuai dengan aturan OJK dan tidak dilakukan secara tiba-tiba. Debitur tidak perlu khawatir karena ada prosedur yang diikuti sebelum debt collector mengunjungi rumah debitur.

Lalu bagaimana cara menghindari DC Shopee? Simak tips berikut ini! Nah Setelah memahami langkah-langkah yang diambil oleh penagih utang ketika mendatangi rumah, langkah selanjutnya adalah membahas strategi untuk menghindari situasi tersebut.

baca juga Intip Jadwal Kunjungan Debt Collector Shopee PayLater ke Rumah Pengguna yang Telat Bayar!

1. Memastikan Pembayaran Tepat Waktu
Anda dapat menghindari kedatangan penagih utang dengan cara membayar cicilan Shopee Paylater secara tepat waktu. Ini dapat dilakukan dengan mengalokasikan sebagian pendapatan Anda pada saat menerima gaji, untuk membayar cicilan langsung ke Shopee Paylater.

2. Memasang Pengingat Pembayaran Hutang
Saat mengambil pinjaman, disarankan untuk memasang pengingat atau reminder tentang tenggat waktu pembayaran. Hal ini membantu Anda menghindari keterlambatan pembayaran akibat kesibukan yang mungkin membuat Anda lupa.

3. Pertimbangkan Pindah Tempat Tinggal
Jika Anda merasa tidak mampu membayar cicilan dan khawatir akan kedatangan penagih utang, pertimbangkan untuk pindah tempat tinggal. Namun, keputusan ini harus dipertimbangkan dengan matang, termasuk memastikan bahwa informasi lokasi Anda tidak diketahui oleh pihak Shopee Paylater.

Tidak ada alasan untuk terlambat atau gagal membayar cicilan, asalkan dilakukan tepat waktu. Meskipun pinjaman atau cicilan adalah opsi yang sah, namun penting untuk memperhitungkan risiko yang terkait sebelum mengambil keputusan.

Demikianlah artikel mengenai DC Shopee apakah akan menagih ke orang-orang terdekat? Semoga membantu**

Kontributor:

Terkait