Tips Membuat Mochi Oleh Oleh Khas Semarang yang Lembut untuk Hampers Lebaran

24 March 2024
Tips membuat mochi oleh oleh khas Semarang yang enak (Dok. YouTube Luvita Ho)

kanal9.id - Memang mochi oleh oleh khas Semarang ini selalu bisa membuat kita merindukan kotanya, pas juga dijadikan parsel sebagai hampers untuk orang terkasih saat lebaran. Tapi, kalau harus beli dulu ke Semarang, nanti akan menghabiskan ongkos yang banyak.

Padahalkan kebutuhan lebaran juga bukan hanya hampers saja, tapi kalai mau membuat sendiri takut tidak enak atau bahkan gagal. Tenang, karena Kanal9.id akan membagikan tips membuat mochi oleh oleh khas Semarang yang lembut dan enak.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot ke Semarang terlebih dahulu ataupun order secara online yang tentunya ongkos kirimnya juga pasti akan mahal. Coba deh, tips membuat mochi oleh oleh khas Semarang yang artikel ini bagikan, dijamin semuanya bakalan suka.

Siapa saja bisa mencoba tips membuat mochi oleh oleh khas Semarang ini, karena sangat mudah sekali untuk dicoba. Apalagi bagi kamu yang rencananya lebaran mau main ke rumah calon mertua nih, dijamin orang tua doi langsung terkesan.

Baca juga: Semua Suka, Inilah Resep Mochi Oleh Oleh Khas Semarang untuk Takjil Buka Puasa

Tips membuat mochi oleh oleh khas Semarang

Mochi oleh oleh dari Semarang ini tentu saja akan meninggalkan kesan tersendiri bagi siapa saja yang memakannya. Pasalnya isiannya yang beragam juga menambah sisi kelezatannya.

Dari bahan hingga isiannya, sangat mudah sekali ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Untuk itu bisa banget jika mau membuat sendiri di rumah tanpa harus beli, agar tidak gagal, coba ikuti tips di bawah ini.

1. Saring adonan

Ada beberapa bahan yang sebaiknya disaring terlebih dahulu sebelum diuleni, yakni tepung atau gula. Hal ini diperlukan supaya bahan-bahan tersebut menjadi lebih halus dan tidak ada yang berbentung gumpalan agar adonan bisa lebih mulus.

2. Takaran yang tepat

Karena mochi merupakan makanan yang mementingkan tekstur, maka kamu wajib memastikan takaran santan ataupun susunya sudah tepat. Karena kedua bahan tersebut sangat mempengaruhi mochi yang dihasilkan.

Baca juga: Mantap Pol! Coba Resep Tahu Bakso Oleh Oleh Khas Semarang untuk Takjil Ramadhan

Jika takaran terlalu banyak, maka adonan akan menjadi terlalu lembek. Namun jika terlalu sedikit, maka adonan akan keras, dan keduanya akan mengakibatkan adonan mochi gagal.

3. Beri minyak pada adonan

Kamu disarankan untuk menambahkan minyak goreng pada adonan sebanyak 1-2 sendok makan. Atau kamu juga bisa mengoleskan minyak pada loyang yang digunakan untuk mengukus adonan.

Menambahkan minyak goreng ini bertujuan untuk menghasilkan tekstur mochi yang lembut karna bisa menghindari kelengketan atau mochiyang terlalu kering saat dimasak. Namun, kamu juga harus memperhatikan takaran minyaknya, jangan sampai terlalu banyak sehingga merusak tekstur mochi.

4. Pembentukan mochi

Untuk hasil yang baik maka kamu sebaiknya membentuk mochi saat masih panas atau hangat yah, karena dengan kondisi ini adonan masih cenderung elastis. Sehingga memudahkan kamu dalam membentuk dan memberi isian.

Baca juga: Mantap lur! Resep Bandeng Presto Oleh Oleh Khas Semarang, Jadi Menu Buka saat Ramadhan

Namun sebaliknya, jika adonan sudah dingin, maka kamu akan kesulitan membentuk dan memberikan isian. Jangan lupa untuk menggunakan cetakan mochi, sarung tangan, maupun spatula untuk membentuk adonan.

Demikian informasi mengenai tips membuat mochi oleh oleh khas Semarang yang enak. Untuk takaran minyaknya, kamu bisa sesuaikan dengan seberapa banyak adonan yang akan kamu buat yah.(*)

Kontributor:

Terkait