4 Wisata Sekitar Stasiun Pasar Senen yang Wajib Kamu Kunjungi!

11 September 2023
Sumber: Google maps (cr: fiqri ilhamny)

Kanal9.id - Stasiun Pasar Senen merupakan sebuah stasiun kereta api yang terletak di Jakarta Pusat, Indonesia. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun kereta api utama di Jakarta dan melayani rute kereta api antar kota dan antar pulau.

Stasiun Pasar Senen terletak di sebelah timur Stasiun Gambir dan terkenal sebagai salah satu stasiun kereta api tertua di Indonesia. Stasiun Pasar Senen juga memiliki pasar tradisional yang terkenal, yaitu "Pasar Senen."

Pasar Senen sendiri merupakan pasar yang memiliki sejarah tertua di Jakarta. Nama "Pasar Senen" diberikan karena pada awalnya, pasar ini beroperasi pada hari Senin dan didominasi oleh komunitas Tionghoa.

Selain Pasar Senen, ternyata di sekitar Stasiun Pasar Senen juga terdapat banyak pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, loh! Jaraknya pun sangat dekat, bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Nah berikut adalah beberapa rekomendasi wisata sekitar stasiun pasar senen yang wajib kamu kunjungi:

Baca Juga: Nikmati Lezatnya Coto Makassar Legendaris Dekat Pasar Senen!

Pasar Buku Kwitang

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca dan mengoleksi buku, Pasar Buku Kwitang adalah pilihan yang tepat. Pasar buku yang satu ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan menjadi salah satu pasar buku bekas yang melegenda di Jakarta. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis buku, mulai dari novel, majalah, komik, buku pembelajaran, hingga buku limited edition.

Pasar Buku Kwitang berlokasi di Jl. Kwitang Raya, Kwitang, RT.2/RW.7, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Pasar ini hanya berjarak 8hingga 11 menit dari stasiun Pasar Senen.

Thrift Pasar Senen

Dengan berjalan selama 12 menit dari stasiun Pasar Senen, kamu sudah bisa berbelanja baju trift di Pasar Senen. Area trift di Pasar Senen sudah ada bahkan sebelum istilah “trifting” dikenal oleh banyak orang. Lokasi trift baju ini terletak di gedung Senen Jaya 1&2 dan buka setiap bari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Plaza Atrium Senen

Berlokasi di Jl. Senen raya No. 135, Jakarta Pusat, Plaza Atrium merupakan rekomendasi wisata dekat stasiun Pasar Senen yang selanjutnya. Ini merupakan mall/pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, kebutuhan rumah tangga, hingga elektronik. Mall yang satu ini hanya berjarak 10-hingga 12 menit dari stasiun Pasar Senen.

Taman Impian Jaya Ancol

Wisata sekitar stasiun Pasar Senen selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Objek wisata yang satu ini berjarak 20 menit dari stasiun Pasar Senen dan berlokasi di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia.

Ancol, Objek wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Ini merupakan tempat rekreasi yang lengkap dengan beragam fasilitas, termasuk kegiatan air, pantai, wahana hiburan, area kolam renang, serta Eco-Park dan pertunjukan luar biasa dengan bintang-bintang internasional.

Pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajahi berbagai pengalaman menyenangkan melalui berbagai wahana permainan yang terbagi dalam 9 wilayah yang berbeda. Berikut adalah beberapa wahana yang bisa kamu nikmati: Kereta Misteri, Baling-Baling, Paralayang, Turbo Drop, Zig-Zag, Kolibri, Karavel, Ontang-Anting, Hysteria, Halilintar, Poci-Poci, Rumah Miring, Istana Boneka, Tornado, dan Kora-Kora.

Baca Juga: Penitipan Barang Stasiun Pasar Senen, Cek Harga, Jam Operasional, dan Lokasinya Disini

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di sekitar Stasiun Pasar Senen yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menghabiskan waktu dan melepas penat dengan berbelanja dan bermain di beberapa tempat wisata tersebut. Selamat berwisata!*KM-04