DC Shopee adalah Upaya Penyelamatan Debitur Galbay sebelum Penyelenggara Pinjol Wajib Lapor ke Sini

23 March 2024
DC Shopee dan SLIK OJK

kanal9.id - Sebenarnya jika dipikir-pikir keberadaan debt collector atau DC lapangan PayLater atau DC Shopee adalah upaya penyelamatan nasib debitur gagal bayar atau galbay pinjol.

Bagaimana tidak, paling lambat 14 hari kerja setelah tanggal jatuh tempo pembayaran, penyelenggara pinjol kena aturan wajib lapor daftar debitur galbay ke SLIK OJK. Sehingga jauh-jauh hari, penyelenggara pinjol sudah sibuk mengingatkan debitur agar tidak galbay melalui WA, telepon, dan terakhir mengirim DC Lapangan SpyLater atau DC Shopee.

Jika penyelenggara pinjol tidak melaporkan data kredit macet debitur, maka mereka dapat dikenakan sanksi oleh OJK. Nah, sebetulnya penyelenggara pinjol sudah berbaik hati mengingatkan debitur galbay dengan berkirim WA berisi tagihan cicilan atay bahkan telepon dan terakhir adalah mengirim DC lapangan atau DC Shopee.

BACA JUGA: Galbay Telat Bayar SPinjam 1 Bulan, Simak Baik-Baik Jadwal DC Shopee Datang ke Rumah

Shopee adalah salah satu platform belanja online yang paling banyak digunakan beberapa tahun belakang.

Selain lengkap, Shopee punya fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam berbelanja, yakni SPayLater atau Shopee Paylater.

Fitur yang satu ini memungkinkan penggunannya untuk berbelanja bayar nanti.

Ada opsi cicilan sampai 12 bulan jika pengguna menginginkannya.

Namun, rupanya banyak sekali pengguna Shopee yang terjebak oleh kemudahan fitur ini.

Banyak yang menunggak bayar tagihan bulanan gegara terlalu kalap.

Shopee bakal mengirimkan DC lapangan kepada pengguna yang menunggak bayar tagihan.

BACA JUGA : Login DANA Tanpa Aplikasi, Tips Penting saat Login DANA


Apa Itu SLIK OJK?

Dilansir dari laman resmi OJK, ojk.go.id, Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK merupakan salah satu fitur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dapat mengetahui riwayat kredit seseorang.

Bagi seseorang yang masuk ke dalam daftar hitam OJK, pastinya akan memiliki konsekuensi di masa datang.

Dilansir dari laman resmi OJK, SLIK OJK digunakan untuk:

1. Memperlancar proses penyediaan dana

2. Penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan

3. Penilaian kualitas debitur

4. Pengelolaan sumber daya manusia pada Pelapor SLIK

5. Verifikasi untuk kerja sama Pelapor SLIK dengan pihak ketiga

6. Meningkatkan disiplin industri keuangan.

Maka dari itu, penting untuk menjaga SLIK OJK tetap bersih.

Lantas, apa yang terjadi apabila seseorang masuk daftar hitam OJK?

Jika seseorang tidak melunasi utang di bank atau lembaga keuangan maka ia akan memiliki skor buruk di regulator.

BACA JUGA : "Saya Kasi Bintang 4 Dulu Deh" untuk Make Money With Givvy Social Aplikasi Penghasil Uang

Menurutnya, jika penilaian pada SLIK OJK buruk atau bahkan sampai masuk daftar hitam, maka peminjam akan sulit untuk mendapatkan akses kredit dari bank dan lembaga keuangan ke depannya.

Kalau skornya buruk, akan sulit. Misalnya ada tagihan kartu kredit tidak lunas ratusan ribu saja. Akan pengaruh tidak bisa ambil KPR atau kredit kendaraan misalnya. Ini akan menyulitkan ke depan.

Meskipun peminjam sudah masuk dalam daftar hitam OJK, peminjam sebenarnya masih dapat mengajukan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun, peminjam tetap harus melunasi utangnya terlebih dahulu.

Apabila peminjam sudah mengecek data di SLIK OJK dan masih ada kewajiban yang belum terselesaikan, maka peminjam dapat mengecek kembali berapa jumlah kewajiban yang belum terbayarkan kepada pihak leasing dan berapa bulan keterlambatannya. Peminjam harus melunasi utang yang belum dibayar kepada pihak leasing.

BACA JUGA : Imagine! Rp50 Ribu Tiap Hari dari Givvy Social Aplikasi Penghasil Uang Hanya dengan Mengambil Foto dari Google

Setelah melakukan pelunasan, peminjam dapat meminta surat yang menyatakan bahwa peminjam telah melunasi utang. Lalu, peminjam dapat mengecek kembali data di SLIK OJK. Apabila kewajiban sudah terbayarkan dan data di SLIK OJK sudah bersih, maka peminjam dapat mengajukan pinjaman lagi.

Demikianlah artikel mengenai keberadaan DC Shopee adalah upaya penyelamatan debitur galbay sebelum penyelenggara pinjol wajib lapor ke sini. Semoga bermanfaat.***

Kontributor:

Terkait